Rabu, 28 Juli 2010

Membuat Contour Di InkSCAPE


Biasanya kita hanya menggunakan fasilitas di inkscape yaitu menggunakan Stroke untuk membuat garis pinggir namun ada fasilitas yang bisa anda gunakan disini yaitu seperti halnya contour di Corel walaupun fasilitas ini agak manual namun cukup untuk mendesain layaknya di Corel.

Pertama buka buku, eh salah buka program Inkscapenya dengan cara (hmmm, klau gk tau cari aja di internet cara membuka program inkscape)

Setelah program inkscape telah terbuka dan dengan tampilan di bawah ini buat text dengan tulisan apa aja.



Dalam contoh ini saya menggunakan tulisan Ilmu Qiu dan dengan Jenis Font “aaaiight!” kalau sudah silahkan duplicate tulisan tadi.


Agar lebih mudah dilihat hasilnya lebih baik anda jangan dulu diberi fill tetapi beri saja Stroke dengan cara. Klik kanan pada Pallate Color kemudian pilih Set Stroke, dan hilangkan warna fillnya dengan klik warna yang bertanda silang di ujung kiri. Lihat gambar dipojok kanan bawah pada gambar di bawah ini.


Setelah di duplicate seperti di atas seleksi salah satu object yang mana aja, kemudian tekan Shortcut Ctrl + ) untuk membesarkannya sedangkan Ctrl + ( untuk mengecilkan object.

Bila masih kurang besar tekan terus Ctrl + ) dan di sesuaikan. Buat lebih banyak lagi dan beri warna tambahannya agar gambar anda lebih menarik. Jangan lupa bila ingin menambahkan contour untuk menduplicate terlebih dahulu.