Jumat, 09 Desember 2011

Cara membuat File Image

File image yang maksud disini adalah file virtual disk, bukan file image yang seperti orang awam pikirkan ya seperti file *.jpg *.bmp dll. Tetapi yang saya bicarakan adalah file Image dari sebuah disk, contoh beberapa file image yang sering digunakan adalah file *.iso *.nrg dll. Oke langsung aja ke pembahasan pembuatan file image ini sendiri. Berikut step by stepnya.

Bahan yang diperlukan

1. CD/VCD yang ingin dijadikan file image

2. Komputer/Laptop

3. Aplikasi imgburn à penting neeh..

1. Jalankan aplikasi imgburn melalui start menu

clip_image002

2. setelah itu maka akan menampilkan penampakan seperti berikut

clip_image004

Terserah anda memilih yang mana sesuaikan dengan kebutuhan karena saya ingin membuat file image dari sebuah cd maka saya memilih Create image file from disc maka akan menampakkan option berikut

3. maka akan muncul lagi pilihan berikut pada bagian Source adalah dimana tempat CD yang ingin kita image-kan, sedangkan pada Destination untuk mengganti letak dimana kita akan menyimpan hasilnya. Lihat gambar dibawan saya sengaja member nomor agar mempermudah anda. 1. Membuka dialogbox SaveAs 2. Kemudian pilih letak anda menyimpan file ini dang anti Save as type dengan *.iso yang semulanya adalah *.bin. jika sudah selesai klik Save.

clip_image006

4. jika sudah selesai perkara anda dengan step 3 maka anda tinggal membuatnya dengan cara klik

clip_image008

Tunggu hingga file yang dibuat selesai.

clip_image010

Jika sukses dalam pembuatan image ini maka selanjutnya bagaimana kita menjalankan file image ini menjadi sebuah cd virtual.

untuk downloadnya

klik disini