Jumat, 23 Desember 2011

Pengaturan Windows setelah Instalasi [Part1]

Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan beberapa pengaturan windows jika kita sudah selesai dengan install ulang, dan juga akan memeberikan aplkasi Utility agar mempercepat kinerja computer anda. Hal yang harus diingat bahwa pengaturan pada windows ini sebaiknya setelah install beberapa aplikasi yang anda gunakan, dikarenakan pada aplikasi tersebut ada salah satu yang menginginkan berjalan ketika startup. Salah satu contoh aplikasi yang berjalan adalah Winamp Agent, aplikasi Office 2007 (apa ya, saya juga lupa namanya. :).

Dan untuk diingat bahwa jika anda menginstall computer orang lain adalah sebaiknya menghindari instalasi theme windows yang berlebihan dan warna yang gk karuan.

Oke langsung aja saya akan memberikan tipsnya.

 

1. Install Driver

Agar computer dapat berjalan dengan lancar adalah dengan mengintall driver itu. Apa itu driver?
driver adalah sebuah sopir yang berguna untuk memberikan jalur antara hardwere ke System Operasi kita, dan dengan ini OS kita bisa berjalan dengan lancer, contoh ketika anda tidak punya salah satu driver dari computer anda adalah (dalam contoh ini driver sound) maka anda tidak bisa memutar file video/audio yang ada pada driver anda. Pada kesempatan ini saya tidak bisa memberikan gambar detile ketika driver itu sendiri tidak mempunyai driver. Tetapi untuk melihat driver-driver apa saja yang belum terinstall anda bisa menekan tombol Win + PauseBreake (Win pada keyboard antara Ctrl dan Alt), atau anda bisa Klik kanan pada My Computer kemudian Properties maka tampilannya seperti dibawah ini

 

image

Setelah itu pilih Device Manager maka akan muncul tampilan baru seperti gambar dibawah ini

 

image

 

Karena pada komputer saya sudah terinstall semua drivernya maka tidak ada yang aneh. Namun jika driver anda belum terinstall maka pada salah satu driver akan diberi tanda ? (tanya) warna kuning.

Dan karena situasi yang tidak memungkinkan untuk meberikan tutorial cara agar driver terinstall maka saya membedekan aja dengan cara instalasi dari drivernya.

Untuk cara mengintall driver saya pisahkan agar postingan ini tidak terlalu panjang dan juga saya harus mencari computer yang belum terinstall driver agar bisa membuat tutorialnya.Embarrassed smile

Tetapi untuk cara instalasi driver ini sangat banyak pilihannya.

1. Driver bawaan dari computer yang telah kita beli.

 

2. Menggunakan ID dari driver itu, kemudian mencarinya pada salah satu web penyedia driver.

 

3. Menggunakan Driver Pack yang drivernya sudah di bandle menjadi salah satu program. Contohnya bisa dilihat disini.

image

Gambar ini adalah sebuah program driver yang telah di paketkan menjadi 1. Dan nama dari driver pack ini adalah SkyDriverXP 9.9 dari namanya aja udah tau kalau DP ini untuk windows XP. Karena saya membukanya menggunakan Win.7 maka drivernya tidak terdeteksi.

Dan masih banyak lagi driver pack lainnya.

Dan yang dibawah ini baru driver pack yang khusus untuk Win.7, maka drivernya langsung di deteksi kemudian pada driver yang belum update maka diberi tanda cawang seperti dibawah ini

 

image

4. Dan yang terakhir adalah mencarinya di web saya yaitu www.google.com